Rabu, 22 Juni 2011

Pertanian di dalam gedung dan bawah tanah Jepang..








Ada berita yang cukup menarik di Ginza Tokyo Jepang, lantai dua yang ada dibawah tanah terdapat hamparan berbagai macam tanaman, seperti tomat, aneka sayuran dan tanaman padi. “Fasona Otto” adalah nama proyek percontohan pertanian berteknologi canggih. Prinsip kerjanya seperti pada rumah kaca yang memadukan teknologi hidroponik dan teknologi penyinaran “Light Emiting Daily” yang mematikan sinar matahari. Dilantai bawah tanah terdapat tanaman-tanaman padi yang tumbuh dipusat Bisnis Tokyo Jepang.

Tak ada lahan, bawah tanah pun jadi. Mungkin prinsip itulah yang mengilhami para peneliti dan petani di Jepang. Basemen Gedung Pasono 02 yang berada kawasan Ginza di pusat Kota Tokyo, Jepang, dikembangkan teknologi tanaman dengan cara hydroponic dan light emiting diode. Hasilnya berbagai tanaman bisa tumbuh di dalam gedung tertutup bertingkat 22 ini.

Matahari diganti penerangan lampu disertai dengan suhu yang diatur menghasilkan tanaman tomat, cabai, dan padi. Di gedung ini pula tengah dilkukan berbagai percobaan, pelatihan hingga tujuan wisata. Kemajuan tekonologi ini mengundang komentar Wakil Presiden Jusul Kalla yang berkunjung ke Jepang.

Gedung Pasona didirikan pada tahun 2005 untuk menjadi proyek tingginya kebutuhan pangan di Jepang. Selama ini Jepang mengimpor 72 persen bahan makanan dan biji-bijian. Lahan percobaan seperti ini sudah ada di sembilan gedung di Tokyo.
..........................................................................................................................
Sumber :
http://thlbanyumas.blogspot.com/2011/02/pertanian-di-dalam-gedung.html

http://assahab.wordpress.com/2009/06/11/tanam-padi-di-bawah-tanah/

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pertanian indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

    BalasHapus