Selasa, 14 Juni 2011

Mammoth yg telah punah akan dihidupkan..


Mammoth akan dihidupkan? benarkah demikian? Sebenarnya hal ini masih percobaan, tapi apabila berhasil maka Mammoth raksasa yang sudah punah beribu tahun lalu itu akan hidup kembali! Tentunya dilakukan dengan Kloning. Silakan simak beritanya berikut ini.

Mammoth, makhluk purba yang sudah punah akan coba dihidupkan dengan cara kloning. Sebelumnya juga pernah dilakukan usaha untuk pengkloningan mammoth pada tahun 1990an untuk memperoleh nukleus di sel dari kulit dan jaringan otot milik mammoth yang ditemukan di tanah beku di Siberia, sayangnya gagal karena rusak yang disebabkan oleh dingin yang ekstrim.

Tapi sebuah teknik dipelopori oleh Dr. Teruhiko Wakayama pada tahun 2008 bersama tim RIKEN. Teknik ini berhasil mengkloning seekor tikus dengan sel dari tikus lain yang telah membeku selama 16 tahun.

Dr. Wakayama mengkloning tikus ini dengan menggunakan teknik "Nuclear Transfer". Teknik ini dilakukan dengan cara membuang DNA dari oosit (Sel telur yang belum dibuahi) dan memasukkan nukleus yang mengandung DNA hewan yang ingin di kloning.
Teknik yang ada sekarang tidak bisa melakukan kloning pada sel beku yang sudah rusak tapi RIKEN bisa melakukannya. Mereka mengambil sari sel otak yang sudah rusak dan mereka membuat kloning embrio dari sel otak tadi. `

Kira-kira begini tekniknya :


Ketika kloning lahir dan tumbuh, mereka akan berhubungan dengan tikus lain lalu bereproduksi seperti biasa.

Nah, teknik Dr. Wakayama yang berhasil ini memancing Akira Iritani untuk menghidupkan Mammoth.

"Banyak masalah yang terjadi dalam menghidupkan kembali mammoth" kata Wakayama. "Tapi kami telah membuktikan bahwa metode Nuclear Transfer dapat menghasilkan kloning yang sehat, biarpun selnya telah rusak oleh kondisi seperti di tanah beku"

Professor Iritani akan menggunakan teknik yang sama seperti yang digunakan Dr. Wakayama yang telah berhasil mengkloning tikus beku.

"Sekarang masalah teknis telah diatasi, yang kami butuhkan tinggal sampel jaringan dari mammoth yang membeku" kata Professor Iritani.

Nukleus dari mammoth akan dimasukkan dalam sel telur Gajah afrika yang akan bertindak sebagai ibu mammoth. Dimasukkan ke sel gajah karena dipercaya kalau gajah berkerabat dekat dengan mammoth.

Professor Iritani mengatakan kalau dia memperkirakan 2 tahun sebelum gajah dibuahi oleh "Mammoth" ini, diikuti waktu hamil sekitar 600 hari.

Dia telah mengumumkan perjalanannya ke Siberia pada musim panas untuk mencari mammoth di tanah yang beku untuk mendapatkan sampel kulit atau jaringan sebesar 3 cm persegi. Jika gagal, maka Professor akan meminta ilmuwan Rusia untuk menyediakan sampel bagi mereka.

"Kemungkinan mengkloning ternak masih rendah tapi sekarang sudah mencapai 30%" katanya. "Saya pikir kita berkemungkinan bisa dan mammoth yang sehat akan lahir dalam 4 atau 5 tahun"

Professor Iritani yang sudah mengetahui teknik untuk mengkloning makhluk beku merencanakan membuat tamannya Jurassic park, yaitu Pleistosen Park.

"Semuanya tergantung pada kualitas jaringan yang didapatkan, tentu saja akhirnya kami akan memproduksi banyak hewan" katanya. "Sekarang tingkat kesuksesan mengkloning tidak terlalu tinggi, tapi beberapa tahun ini kami memiliki teknologi untuk meperbaiki DNA rusak yang kami dapatkan. Kami menyimpan DNA yang kami temukan dan tidak akan menyerah untuk proyek ini"

Jika mammoth saja bisa dihidupkan tentu terdapat kemungkinan makhluk purba lain dapat dihidupkan. Mari kita tunggu, semoga percobaan ini berhasil dan Mammoth akan kembali berjalan di atas bumi.
..........................................................................................................................
Sesuatu yg tidak mungkin di masa kini seperti : mesin waktu, robot ada di setiap rumah, manusia bertemu alien, manusia bisa tinggal di planet lain, semua orang menggunakan mobil bertenaga matahari, hewan yg telah punah bisa dihidupkan lagi...Di masa depan segala nya bisa mungkin...Pemikiran ku memang penuh dengan imajinasi he he...^^

Sumber : http://jelixxix-mysteryxx.blogspot.com/2011/03/mammoth-akan-dihidupkan-kembali.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar