Rabu, 29 Juni 2011

Nano, Hidrogen & Matahari..

Nano :


Teknologi Nano akan menjadi teknologi terpenting bagi umat manusia di masa depan. Teknologi Nano adalah segala bentuk teknologi yang berukuran super kecil. Seberapa kecil? Molekuler, sekecil atom.

Bila sebuah rambut manusia dibelah 50.000 bagian, itulah ukuran Nano! Para ilmuwan berupaya menciptakan materi-materi baru seukuran nano yang bisa dimanipulasi, bahkan mesin/robot seukuran nano!

Apa saja gunanya?
Ini beberapa contoh dahsyatnya yang mirip science fiction itu:

Menghancurkan sel-sel kanker menggunakan robot super kecil yang bisa masuk tubuh manusia.

Quantum Computer. Pengembangan komputer super yang kecepatannya ratusan kali komputer tercepat sekarang, dan mampu melakukan komputasi yang jauh lebih kompleks.

Penyimpanan data super besar. Ribuan gigabit data, atau data seluruh perpustakaan besar akan disimpan dalam wahana sebesar seujung kuku.

Pemanfaatan energi super efisien sekaligus ramah lingkungan (lebih hebat dari energi nuklir, jadi tolong jangan bikin PLTN, sudah hampir ketinggalan zaman).

Lubang ozon di angkasa yang mengancam kelangsungan hidup bumi? Beberapa ilmuwan berpendapat lubang itu bisa ditutup dengan teknologi nano.

The Super Soldiers, penciptaan tentara-tentara super dengan baju pelindung anti peluru, ledakan, dan kalaupun terjadi cedera, langsung bisa menyembuhkannya secara otomatis, rapid self healing (kecuali kalau pelurunya nanti juga menggunakan teknologi nano?). Teknologi nano juga memungkinkan si tentara lari lebih cepat dan lompat lebih tinggi. Sekali lagi, ini bukan science fiction. Teknologinya sudah dikembangkan militer Amerika.

Memperpanjang umur manusia. Degenerasi sel bisa diperlambat, racun-racun bisa dihilangkan, penyerapan nutrisi akan menjadi maksimal.

Baju yang tidak bisa kusut, anti noda, anti bau (bahkan walau ketumpahan semur jengkol. Ini ilmiah!).

Mobil anti penyok, anti gores.

Merubah material yang tidak berharga menjadi emas atau berlian. Ini dilakukan dengan memanipulasi atom-atomnya yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Ini hanya beberapa contoh saja. Aplikasinya benar-benar nyaris tak terbatas. Di masa depan, dunia, dan ekonomi dunia akan ditentukan oleh teknologi nano. Selamat belajar.

Catatan:

Tentu saja untuk mulai menganalisis material berukuran Nano anda harus bisa melihatnya lebih dahulu. Untuk melihat material ukuran sekecil itu, anda menggunakan mikroskop khusus bernama Atomic Force Microscope (AFM, Mikroskop Daya Atom).

SUPER LEARNING

Bayangkan bila sebuah konsep yang sangat canggih, cutting edge seperti Nano technology tidak cuma dikenal para pakar teknologi, profesor, tapi bahkan bisa mulai dikenal oleh anak-anak Sekolah Dasar. Jutaan anak-anak di seluruh Indonesia.

Keunggulan peradaban tidak bisa ditentukan oleh beberapa orang pintar saja, tapi orang-orang pintar yang mampu menginspirasi seluruh bangsanya dan akhirnya menciptakan jutaan manusia-manusia unggul. Seperti Thomas A. Edison, Einstein, Carl Sagan (Cosmos: A Personal Voyage, Contact). Semua orang bisa membuat masalah menjadi rumit dan kompleks. Tapi manusia-manusia terbesar membuat sesuatu yang kompleks menjadi sederhana, dan diterima semua orang. Bayangkan spiritualitas Nabi Muhammad, nasionalisme Sukarno, Relativitas Einstein (E = mc²).

Sumber : http://imperiumindonesia.blogspot.com/2007/09/revolusi-besar-nanotechnology.html
..........................................................................................................................
You know? Hidrogen (H) :


1. Adalah, elemen terbanyak, di seluruh alam semesta. 1, 2
(Hidrogen 74%, Helium 24%, Oksigen 1%, dst)

2. Matahari, dan semua bintang-bintang raksasa terbentuk dari... Hidrogen, yang terbakar terus menerus melalui proses yang namanya Fusi Nuklir.

3. Hidrogen tentu juga ada di... Air (H2O).

4. Bom Nuklir, yang jauh lebih dahsyat dari Bom Atom, juga berbahan dasar... Hidrogen (Tritium, hydrogen-3).
Makanya Bom Nuklir juga disebut... "H Bomb", Bom Hidrogen.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir masa depan yang memakai proses Fusi Nuklir (Nuclear Fusion), memakai bahan dasar... Hidrogen, yang bisa diproses dari... Air.
PLTN sekarang memakai proses... Fisi Nuklir (Uranium+ Plutonium yang sangat radioaktif). PLTN dengan Fusi Nuklir akan ribuan kali lebih besar energinya dari PLTN sekarang, dan bebas radioaktif.

6. Bahan bakar masa depan, termasuk untuk bahan bakar semua mobil pribadi dan pesawat terbang masa depan adalah, energi... Hidrogen.
Beberapa orang mengklaim bisa menjalankan mobil hanya berbahan bakar, Air (tanpa memakai bensin). Sebenarnya yang dipakai adalah elemen yang ada dalam airnya, Hidrogen. (H2).

Sumber : http://imperiumindonesia.blogspot.com/2008/05/honda-fcx-clarity.html
..........................................................................................................................
Matahari :


MATAHARI, adalah benda angkasa maha raksasa dibanding Planet Bumi kita. Besarnya, 1.300.000 kali Planet Bumi. Lebih dari satu juta kali lebih besar.

Dan, tiap detiknya, Matahari mengeluarkan energi maha dahsyat yang besarnya 380 milyar-milyar Megawatt (3.83×10pangkat26 W), atau juga sebanding dengan ledakan milyaran Megaton bom nuklir!

Dalam 1 detik saja, Matahari menciptakan energi yang lebih besar, dari yang telah digunakan seluruh umat manusia selama jutaan tahun.

Itu adalah hasil dari sistem pembakaran yang terjadi di semua bintang-bintang raksasa di alam semesta. Sebuah proses yang dinamakan, FUSI NUKLIR.

Dan manusia sudah lama menemukan energi nuklir. Awalnya untuk senjata (bom Nuklir/Atom). Dan sekarang untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.

Bom nuklir awal (Hiroshima dan Nagasaki) memakai proses Fisi Nuklir. Kekuatannya sekitar 20 Kiloton. Di proses ini Atom Dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Atom yang digunakan, Uranium dan Plutonium yang sangat radioaktif dan berbahaya.

Lalu energi nuklir yang lebih dahsyat lagi ditemukan. Bom dengan kode “Ivy Mike” diledakkan tahun 1952 dengan kemampuan Fusi Nuklir. Kekuatannya ? 10.000 Kiloton (500 kali lebih dahsyat). Prosesnya justru sebaliknya, yaitu Menyatukan atom untuk menciptakan nukleus yang lebih berat. Atom yang digunakan, Deuterium dan Tritium. Energi yang dihasilkannya benar-benar jauh lebih dahsyat, tapi ledakannya bebas radioaktif.

Fusi Nuklir = Deuterium + Tritium.
(Fusi artinya Penggabungan/Fuse. Fisi artinya Pemecahan)

Dan sekarang, para ilmuwan berusaha mengendalikan energi raksasa itu untuk dijadikan sumber energi baru. Energi yang begitu dahsyatnya, sehingga nanti akan mencukupi seluruh kebutuhan energi bumi, untuk selama-lamanya.
..........................................................................................................................
Sumber : http://imperiumindonesia.blogspot.com/2008/02/fusi-nuklir-power-of-sun-on-earth.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar